Sabtu, 19 Januari 2013

Strategi Lulus Ujian Nasional

Ujan Nasional adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional. Sedangkan ujian sekolah adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk dinyatakan lulus ujian nasional pada tahun 2013 ini tidak hanya ditentukan oleh nilai murni yang diperoleh dari ujian nasional saja, tetapi hasil penggabungan dengan nilai ujian sekolah dan rata-rata nilai rapor , sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 45 tahun 2010.
Dengan kata lain, untuk dapat lulus Ujian Nasional juga harus memiliki rata-rata nilai rapor dan nilai ujian sekolah yang baik. Oleh karena itu, cara terbaik untuk bisa lulus ujian secara umum adalah mempersiapkannya sejak awal, lakukan langkah-langkah dan strategi belajar yang efektif sejak semester pertama dimulai.
Adapun tips langkah-langkah persiapan secara terperinci adalah sebagai berikut:
A. Sebelum Pelaksanaan
  1. Belajar dengan cara terbaik sesuai dengan gaya belajar Anda.
  2. Perhatikan dan pahami ketika guru sedang menerangkan pelajaran. Bertanyalah jika kurang atau tidak dipahami.
  3. Bukalah materi pelajaran yang diterima hari ini beberapa saat setelah istirahat selesai makan siang. Baca dan pahami kembali materi pelajaran tersebut, jika ada yang kurang dipahami berilah catatan kaki untuk bahan bertanya kepada guru pada pertemuan berikutnya.
  4. Banyak berkonsultasi dengan guru mata pelajaran dan berdiskusi dengan teman mengenai materi yang Anda rasa belum kuasai.
  5. Untuk mata pelajaran yang banyak menggunakan rumus seperti matematika, fisika, akuntasi dan lain-lain, banyaklah  mengerjakan soal-soal latihan.
  6. Buatlah semacam study club untuk berlatih soal-soal dan mendiskusikan masalah.
  7. Ikuti kegiatan bimbingan belajar jika memungkinkan dari sisi waktu dan biaya.
  8. Miliki panduan materi, kisi-kisi UN tahun terkait, soal-soal UN tahun sebelumnya, dan prediksi soal beserta pembahasannya. Periksa sendiri jawaban Anda dengan mencocokkan kunci jawaban yang biasanya tersedia.
  9. Ikuti dengan baik program persiapan belajar yang disiapkan oleh sekolah. Misalnya, bimbingan belajar sore hari, dan ikuti try out yang biasanya dilakukan lembaga bimbingan belajar atau Praujian yang biasa di programkan sekolah dengan serius.
  10. Sering-seringlah berlatih menggunakan lembar jawaban komputer (LJK), terutama cara mengisi data peserta dan cara menghitamkan bulatan. Gunakan contoh LJK UN tahun-tahun sebelumnya yang biasanya terarsip di sekolah.
  11. Jaga kesehatan agar tetap fit dengan berolah raga dan mengonsumsi makanan bergizi serta istirahat yang cukup.
  12. Jangan lupa, sering-sering berdo’a agar dimudahkan dalam setiap urusan.
B. Pada Saat pelaksanaan
  1. Jika langkah-langkah sebelum ujian sebagaimana disarankan di atas telah dilaksanakan dengan baik, usahakan pada malam pelaksanaan ujian lebih banyak istirahat, tidur yang cukup dan kalaupun membuka pelajaran terkait cukup sepintas saja.
  2. Pada malam harinya sudah dipersiapkan segala perlengkapan ujian yang dibutuhkan, seperti pensil, mistar, dan penghapus.
  3. Jangan lupa meminta do’a dari orangtua, terutama ibu setiap mau berangkat ujian.
  4. Usahakan sudah sampai di sekolah selambatnya 15 menit sebelum bel masuk ruang ujian.
  5. Berdo’alah sebelum memulai ujian dan lakukan pengisian data terlebih dahulu dengan teliti dan benar.
  6. Jauhkan perasaan takut tidak bisa menjawab soal ujian.
  7. Mulailah kerjakan soal pertama, jika tidak bisa cepat pindah ke soal berikutnya. Jangan membuang-buang waktu dengan memaksakan mencari-cari jawaban pada soal yang sulit. Lewati saja, dan setelah sampai nomor terakhir kembali lagi ke nomor awal yang belum terjawab.
  8. Lakukan terus poin 7 sampai bel akhir ujian berbunyi.
  9. Jangan keluar ruangan sebelum bel akhir berbunyi. Jika soal sudah terjawab semua, sementara masih ada waktu, jangan keluar meninggalkan ruangan, tetapi manfaatkan untuk mengecek jawaban barangkali ada yang keliru.
C. Setelah pelaksanaan
  1. Semakin rajinlah berdo'a dan beribadah.
  2. Tawakkal kepada Allah SWT, dan yakinlah Dia akan memberi yang terbaik bagi kita.
  3. Jika telah dinyatakan LULUS, hindari melakukan hal-hal yang negatif dan lakukan sujud syukur.
  4. Sampaikan rasa terima kasih kepada guru-guru pembimbing dengan tulus dan ikhlas.

    SEMOGA BERHASIL !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KATA PENGANTAR

      Alhamdulillahirabbilalamin, segala puji bagi Allah swt. yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat   menyele...